WISATA EDUKASI 2017 SMP LABSCHOOL JAKARTA

HAII SEMUA !!!!!!!!
Nama saya Dyota Sarahway atau lebih singkatnya Dyota. Saya merupakan salah satu siswi SMP Labschool Jakarta. Saya ingin bercerita pada pembaca sekalian tentang pengalaman Wisata Edukasi saya yang pertama kali di SMP Labschool Jakarta. 

Tepat pada hari Kamis tanggal 19 Oktober kami akan berangkat menuju PUSPITEK Serpong dan TMII. Wisata Edukasi dipartisipasi oleh seluruh angkatan 26. Kami menuju kesana dengan menggunakan bus yang dibagi berdasarkan kelas. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 6 orang dan mendapat tugas untuk mendokumentasi dari awal berangkat hingga sampai kembalin di SMP Labschool.
Kami berangkat pada sekitar pukul 8. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Di bus kami ngobrol, dengerin lagu, dll. Saat sampai di PUSPITEK Serpong kami langsung menuju ke auditorium untuk mendapat arahan dari para pimpinan tentang kegiatan selanjutnya.  Di sana kami juga menonton sebuah tayangan yang berisi bagian-bagian dari PUSPITEK.
Setelah mendapat arahan dan menonton tanyangan kami dipisah perkelas untuk mengunjungi masing-masing kelas 1 laboratorium. Kelas saya yang merupakan kelas 7C mendapat bagian di Balai Besar Teknologi Konversi Energi. Kami segera pergi dari auditorium ke tempat yang akan kami tuju menggunakan bus. 

Di sini terdapat Laboratorium Permata (Peralatan Rumah Tangga).  Di sana terdapat sebuah alat untuk menguji alat-alat rumah tangga contohnya lampu, rice cooker, dll. Kami berada di sana sekitar satu jam.
Selama disana kami mengisi LKS yang diberikan saat kami berangkat dengan menanyakan kepada Pak Louis, pemegang Laboratorium Permata. Kami juga mengambir gambar atau video untuk dokumentasi.
Setelah selesai kami segera kembali ke bus untuk perjalanan menuju TMII. Di bus kami diberi makan siang. Kami juga mengganti baju kami yang walnya menggunakan baju batik hari Kamis menjadi baju angkatan. Kami tiba di TMII setelah memakan waktu sekitar 1-2 jam karena perjalanan yang agak lumayan macet.


            Saat sampai disana, cuacanya sedang gerimis sehingga kami harus berlari untuk menuju Masjid Diponegoro untuk melaksanakan sholat Dzuhur. Setelah sholat dzuhur kami diarahkan menuju Sky World.           
            Sky World merupakan sebuah wahana tentang ilmu-ilmu astronomi. Seperti Planetarium yang berada di Taman Ismail Marzuki. Kami langsung menuju sebuah ruangan yang sepertinya adlah auditorium. Di sana kami diberi arahan dan lagi-lagi menonton sebuah tayangan. Bedanya tayangan kali ini adalah tanyangan tentang Sistem Tata Surya.
            Karena tayangannya yang agak membosankan, banyak siswa yang tertidur. Setelah kira-kira satu jam kami berjalan di sebuah lorong yang didominasi warna hitam, ungu tua, biru tua yang mirip seperti warna luar angkasa.
            Kami berjalan menelusuri lorong tersebut sambil mengisi LKS. Banyak sekali yang bisa kita dapatkan tentang ilmu astronomi di sini seperti para astronot Indonesia, jenis-jenis roket, para astronom terkenal dari zaman-zaman, disana juga terdapat display tentang teori BigBang. 
            Teori BigBang adalah teori yang diperkirakan oleh para ilmuwan tentang bagaimana terbentuknya alam semesta beserta Sistem Tata Surya. 
            Di Sky World juga terdapat sebuah wahana 4D. Untuk dapat merasakan wahana ini kami harus mengantri lama. Bahkan sambil menunggu kami juga diberikan pizza masing-masing anak satu buah.
            Wahana 4D ini adalah bioskop kecil yang hanya muat untuk sekitar 12-15 orang. Kami menonton semacam tayangan pendek selama kurang lebih 10 menit. Tapi yang membuatnya unik adalah kursi di ruangan ini bergerak sesuai dengan tayangannya.
            Kami juga menuju ke sebuah ruangan dengan atap yang berbentuk kubah yang nantinya akan ada projector yang akan menampilkan ilustrasi luar angkasa pada saat itu juga. Kami duduk setengah tiduran menghadap ka atap. Ada seorang pekerja yang akan membacakan semacam narasi tentang apa yang ditampilkan projector itu.
            Saat selesai kami semua keluar dari ruangan itu dan menuju bis. Sambil menunggu bis kami membeli pop mie. Dan hujan menjadi semakin deras sehingga murid-muridnya menjadi terpecah.
            Kami langsung menuju Masjid Diponegoro lagi untuk melaksanakan sholat Asar yang waktunya sudah sangat mepet dengan waktu sholat Magrib. Seharusnya saat ini kami sudah dalam perjalanan pulang kembali menuju SMP Labschool. Tapi karena waktunya yang ngaret kami terpaksa melaksanakan sholat Magrib di sini. Bahkan seharusnya kami sempat mengunjungi Museum Air Tawar sebelum pulang.
            Setelah selesai malaksanakan sholat Magrib kami langsung berlari kembali menuju bus. Saat sampai di bus ada beberapa murid yang mengganti baju mereka dengan sweater. Aku memutuskan untuk memakai jaket. Dalam perjalanan kami, kami bersenda gurau.
            Perjalanan memakan waktu sekitar 1 ½ jam karena pada saat yang bersamaan itu adalah waktu para pekerja pulang dari kantor. Dan saat kami sampai sudah banyak orang tua murid yang menanti kepulangan para murid lainnya. Termasuk mama saya.
            Setelah dijemput saya dan mama saya langsung pulang menuju ke rumah untuk beristirahat karena besok kami harus mengedit hasil dokumentasinya. 
            Ini merupakan perjalanan di luar sekolah saya yang pertama selama saya sekolah di SMP Labschool. Ini merupakan perjalanan yang menyenangkan sekaligus melelahkan. 

XD

Dan itulah pengalaman Wisata Edukasi saya di SMP Labschool. sekian dari saya mohon maaf bila ada kesalahan.

BYE!!!
           

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini