EKSUL SAMAN SMP LABSCHOOL JAKARTA
Hasil gambar untuk tari saman
Di SMP Labschool Jakarta kita tidak hanya dididik dengan bidang akademis tapi di bidang nonakademis juga. Salah satumya dengan eksul. Di SMP Labschool Jakarta, pada saat kelas 7&8 kami diwajibkan untuk memilih satu eksul. Dan saya memutuskan untuk memilih eksul saman.
Eksul saman di SMP Labschool sering mengikuti lomba antar sekolah  dan tidak jarang juga eksul saman mendapatkan juara. Eksul saman diadakan setiap hari Jumat mulai dari jam 1 sampai sekitar jam setengah 3.
Pada saat awal belajar memang pegel dan kram karena pada saat menari kami harus duduk berlutut. Tapi lama kelamaan kami sudah terbiasa dan yang seru adalah kami dapat lebih mengenal teman satu angkatan kami yang dari kelas berbeda.
Pada saat kelas 7 pembina eksulnya adalah Bu Purwanti namun pada tahun ini pembinanya adalah Bu Sijo. Tapi pelatihnya tetap sama yaitu Bang Fikar.
Untuk penampilan biasanya untuk kelas 7 baru tampil di sekolah seperti pada acara Pensi, penerimaan siswa baru, ekspo eksul, dan pembukaan Inlabs. Untuk kelas 8 biasanya akan tampil bergabung dengan kelas 7 dan akan mengikuti lomba.
Biasanya untuk menyelesaikan satu tarian akan butuh kurang lebih 3 bulan. Tapi untuk penampilan tertentu biasanya aka ada beberapa gerakan yang ditambahkan atau dihilangkan.
Untuk setiap penampilan biasanya kamu akan membayar 150.000 rupiah. Itu sudah termasuk uang make-up dan kostum.
Penampilan pertama kami untuk kelas 7 adalah saat pensi. Dan yang menarik dari angkatan saya adalah murid yang mengikuti eksul samannya lebih dari 40 orang.
Saat ini banyak orang Indonesia yang tidak peduli dengan budaya tradisional dan saya pikir Tari Saman ini merupakan salah satu budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Oleh karena itu saya pikir dengan mengikuti eksul saman di SMP Labschool Jakarta merupakan salah satu jalan untuk itu.  Dan eksul saman SMP Labschool merupakan salah satu eksul yang cukup aktif di SMP Labschool maka dari itu kalian harus mengikuti eksul ini.



Komentar

Postingan populer dari blog ini